Selasa, 11 Desember 2012

Penggilingan Bokar



a)        Penggilingan
Lembaran koagulum kemudian digiling tipis menggunakan gilingan tangan polos sebanyak 4 kali, setiap kali menggiling jarak gigi pengatur disetel agar menghasilkan lembaran karet setebal ± 5 mm. Setelah itu lembaran karet digiling menggunakan gilingan beralur (kembang) 1 kali sehingga tebal sit ± 3 mm.

b)        Pencucian
Lembaran sit dicuci dengan air bersih untuk menghilangkan asam semut dan bahan penggumpal lain yang tertinggal.

c)        Penganginan
Lembaran sit yang diperoleh digantung di atas rak untuk dianginkan di udara terbuka kira-kira 10 hari, dan diusahakan agar tidak terkena sinar matahari langsung.

4.2  Pengolahan slab

Agar dapat dihasilkan slab  yang baik, cara pengolahan yang dilakukan adalah:

a)        Lump segar harian hasil penyadapan ditata berjajar satu lapis dengan rapi dalam kotak kayu atau bak pembeku lain tebal tidak lebih dari 50 mm.

b)       Lateks kebun langsung ditambahkan larutan asam semut 10% sebanyak 10 ml (1 sendok makan) per liter lateks. Penggunaan bahan penggumpal lain mengikuti aturan yang direkomendasikan oleh instansi yang berwenang.

c)        Larutan lateks yang telah dibubuhi asam semut kemudian segera dituangkan secara merata ke dalam bak pembeku yang berisi lump segar, sehingga lapisan lump segar tersebut terbungkus oleh lapisan lateks.

d)       Koagulan yang diperoleh berbentuk slab tipis dengan tebal ± 30 mm, slab ini selanjutnya dapat dipipihkan dengan tangan atau pemukul kayu di atas alas yang bersih.

e)        Slab ditiriskan dan dianginkan di atas rak atau digantung seperti menggantungkan sit angin di udara terbuka selama 1-2 minggu dan tidak boleh terkena sinar matahari langsung.

f)         Slab yang telah dianginkan disimpan di dalam bangsal penyimpanan.     Selain cara pengolahan seperti tersebut di atas, untuk memeperoleh slab  dapat juga diperoleh dengan cara pengolahan sebagai berikut.

a)    Lump segar harian hasil penyadapan selanjutnya dipipihkan dengan tangan atau pemukul kayu di atas alas yang bersih.

b)    Koagulan pipih tersebut selanjutnya dapat dikeluarkan  serumnya dengan cara penggilingan dengan gilingan tangan (hand mangel) polos atau dapat pula digunakan kempa khusus.

c)    Gumpalan tipis yang dihasilkan ditiriskan dan dianginkan di atas rak atau digantung seperti menggantungkan sit angin udara terbuka selama 1-2 minggu dan tidak boleh terkena sinar matahari langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar