Selasa, 11 Desember 2012

Penggolongan Bokar



3    Penggolongan

Menurut cara pengolahannya, bahan olah karet (BOKAR) dibedakan atas 3 (tiga) jenis.

3.1  Lateks kebun.
3.2  Sit.
3.3  Slab.
3.4  Lump.
  
4    Cara pengolahan

4.1    Pengumpulan lateks kebun

Untuk memperoleh lateks kebun yang baik, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

a)        Kumpulkan lateks kebun yang masih segar 3-5 jam setelah penyadapan. Gunakan selalu mangkok, ember dan wadah lain yang bersih dan kering untuk menampung lateks kebun agar mutu terjaga baik.

b)        Untuk menghindari pembekuan campurkanlah  larutan ammonia sebanyak 100-200 cc (1/2-1 gelas) pada setiap 10 liter (1 ember) latek kebun.

c)        Bekuan karet (koagulan) yang terjadi di dalam ember/wadah harus segera   dipisahkan dari lateks agar lateks tidak mengalami penggumpalan seluruhnya.

d)        Lateks kebun jangan dicampur dengan benda lain dan jangan diencerkan.


4.2  Pengolahan sit angin

Untuk menghasilkan sit angin yang baik, cara pengolahan yang ditempuh adalah:

a)        Pengenceran lateks
Lateks kebun yang belum mengalami pra koagulasi (membubur) diencerkan dengan air bersih sehingga KKK menjadi 15% atau 1 ember lateks kebun ditambahkan dengan 3/4 (tiga perempat) ember air.

b)        Penyaringan
Lateks kebun yang telah diencerkan kemudian disaring dengan saringan lateks 20 mesh.

c)        Penggumpalan
Lateks yang telah disaring dibubuhi larutan asam semut 10% sebanyak 10 ml.
Larutan asam semut 10% dibuat dengan mengencerkan asam semut 90% dengan air bersih dalam perbandingan 1: 10.  Dosis yang digunakan untuk menggumpalkan lateks adalah 10 ml (1 sendok makan) larutan asam semut encer per liter lateks yang telah diencerkan.
Pencampuran larutan asam semut ke dalam lateks disertai pengadukan secara merata, kemudian lateks dibiarkan menggumpal selama 2-6 jam sampai terbentuk gumpalan siap untuk digiling. Dosis bahan penggumpal lain menurut rekomendasi yang diberikan oleh institusi yang berwenang.

d)        Memipihkan gumpalan
Gumpalan yang diperoleh dikeluarkan dari bak, kemudian dipipihkan dengan menekan gumpalan menggunakan tangan atau alat lain di atas alas yang benar-benar bersih.

Sebelum                                                                                                                  Bersambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar